Selasa, 28 November 2017

Apakah ICO itu? dan Bagaimana Cara Memulainya?

Initial Coin Offering (ICO) - Bagi orang awam, tentu masih bingung apakah ICO (Initial Coin Offering) itu?, kita akan membahasnya disini mulai dari nol apakah ICO itu? dan bagaimana cara memulai berinvestasi ICO dengan aman.

Apakah ICO itu?

ICO adalah kepanjangan dari  Initial Coin Offering, yang berarti penawaran coin paling awal sebelum lounching dan masuk ke pasar. ICO adalah salah satu terobosan pendanaan sebuah proyek dengan menggunakan jaringan Blockchain secara transparan. 

Apakah Tujuan ICO itu?

Tujuan para developer menawarkan ICO adalah mengumpulkan dana untuk pengembangan proyek mereka yang dalam hal ini adalah coin digital. Dana segar mereka butuhkan untuk memaksimalkan proyek yang mereka kembangkan agar secepatnya selesai.

Keuntungan dan Kerugian Investasi ICO?

Para developer mendapat invetasi dana untuk mempercepat proyek yang sedang mereka kembangkan sehingga nantinya bisa dinikmati oleh banyak orang. Bagi investor mereka akan mendapat coin atau token yang bisa di perdagangkan secara bebas melalui market exchanger.

Baca juga : Apakah Blockchain itu?

Para investor membeli coin tersebut dengan harga murah sebelum koin itu diluncurkan di pasar bebas. setelah coin tersebut lounching, biasanya  harga coin akan melonjak naik bahkan bisa 5 sampai 10 kali lipat dari harga ICO waktu pertama kali membeli. Inilah yang menjadi keuntungan untuk para investor dengan adanya ICO.

Perbedaan ICO dan IPO.

IPO kepanjangan dari Initial Public Offering. Perbedaan IPO dan ICO dilihat dari segi investor dan regulasi. ICO bisa siapa saja, tidak harus orang yang memiliki modal besar dan regulasinya pun sederhana dan tidak rumit. Sedangkan IPO yang saya ketahui tidak sembarangan orang yang bisa berinvestasi, karena ada syarat-syarat tertentu dan hanya mereka yang memiliki modal besar yang bisa investasi, dan regulasinya pun rumit.

Bagaimana Cara Investasi ICO Dengan Aman?

ICO lebih condong pada mata uang digital atau biasa disebut cryptocurrency, sebagai contoh Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Dogecoin, dsb. Siapapun bisa berinvestasi, namun bagaimana cara berinvestasi ICO dengan aman?.

Sebelum anda berinvestasi ICO, lebih baik cek dahulu seperti dibawah ini :

1. Komposisi Tim

Cari tahu semua hal yang Anda bisa tentang tim, terutama tim pengembang dan dewan penasehat. Cari setiap anggota tim untuk pengalaman yang relevan. Gunakan Google untuk cari tahu profil mereka dan kunjungi profil Linkedin mereka. Carilah nama-nama terkenal di antara dewan penasehat proyek. Cari tahu apakah tim memiliki pengalaman kripto dan yang lebih penting di mana proyek, atau ICO, mereka terlibat dan dampaknya terhadap mereka.

2. Bitcointalk.org Thread

Titik awal yang baik adalah thread pengumuman proyek (ANN) di BitcoinTalk.org, karena Bitcointalk adalah forum terbesar untuk masalah terkait Bitcoin dan kripto. Sangat disarankan agar Anda membaca pesan dengan seksama. Keprihatinan investor akan dijawab (atau mungkin tidak terjawab) di thread ini. Ini pertanda buruk ketika pengembang menghindari menjawab pertanyaan tertentu atau tidak berkolaborasi. Kirim pesan pribadi untuk melihat seberapa responsifnya gagasan tersebut dan respon dari para member.

Sadarilah komentar penulis yang berpengalaman, dan juga cari pesan negatif, terkadang bisa jadi tanda peringatan. Gunakan Select [Semua] untuk melihat semua komentar di thread dan gunakan CTRL + F (Windows) untuk mencari kata-kata bendera merah seperti 'scam', 'con', 'MLM'. Lihat hubungan antara hasil pencarian dan jumlah balasan seperti yang dapat dilihat pada contoh live berikut ini:

3. Tahap proyek dan investasi VC

Evaluasi tahap proyek. Apakah hanya memiliki whitepaper? Versi beta Apakah ada produk yang diluncurkan dengan fungsionalitas terbatas? Lebih suka proyek yang memiliki "beberapa baris" kode kerja, namun banyak ICO telah membuktikan bahwa mereka dapat menjadi kisah sukses tanpa ada kode tertulis.

VC (Modal Ventura) cenderung berinvestasi dan mendukung proyek sejak tahap awal. Carilah informasi ini biasanya di halaman utama situs web proyek.

4. Komunitas dan Media Sosial

Sangat penting untuk memiliki komunitas pendukung terbuka lebar seperti Slack publik untuk semua investor. Keterbukaan sama pentingnya dalam mendapatkan kepercayaan kita sebagai kode Github. Cobalah untuk memahami atmosfer di dalam masyarakat. Lihatlah ukuran komunitas dan aktivitasnya.

Sumber lain seperti Reddit, Twitter atau Facebook dapat relevan saat mengevaluasi proyek. Waspadalah terhadap pos hadiah. Ini adalah praktik umum untuk meluncurkan untaian berharga untuk memberi penghargaan kepada pengguna karena menyebarkan informasi positif tentang proyek tersebut untuk meningkatkan cakupan media, atau untuk membantu terjemahan.

5. Mengevaluasi Whitepaper

Sebagian besar investor sebenarnya tidak membaca melalui whitepaper, meski berisi semua informasi penting tentang proyek yang akan datang dan ICO.

Jangan ragu untuk membacanya, atau paling tidak sebagian besar. Perhatikan aspek yang kuat dan negatif dan tambahkan beberapa penelitian Anda sendiri. Pada akhirnya, whitepaper adalah piring perak bagi calon investor. Setelah membacanya, Anda harus bisa menjawab pertanyaan sederhana - seperti apa nilai yang dibawa proyek ini ke dunia kita? Anda juga akan mempelajari apa yang Anda investasikan.

Baca juga : Apakah Cryptocurrency itu?

Ini adalah kunci untuk menyelidiki dan membaca sebanyak mungkin informasi dan menuliskan semua aspek penting, positif dan negatif, sebelum membuat keputusan investasi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang Initial Coin Offering (ICO) sebelum anda memulainya.
Disqus Comments