Rabu, 29 November 2017

Apakah Blockchain itu? Bagaimana Cara Kerjanya?

Blockchain - Hampir sebagian besar teknologi cryptocurrency menggunakan Blockchain sebagai database yang memiliki keunggulan melacak transaksi dengan volume yang tinggi, namun tetap aman. Seperti Bitcoin, Ethereum, dll.


Apa Itu Blockchain?

Pertama kali Blockchain rilis pada tahun 2009. Seiring berkembangnya jaman, Blockchain di revolusi pasa thaun 2014 menjadi Blockchain 2.0. Teknologi Blockchain ini berisi blok untuk menampung transaksi, setiap blok satu sama lain terkait lewat Kriptografi dan terbentuk suatu jaringan.

Baca juga : Apakah ICO Coin itu?

Di masa depan, cryptocurrency semakin menarik di pasar. Ada beberapa negara berkembang di dunia yang sudah menerapkan mata uang yang berbasis Blockchain, sebagai contoh Bitcoin.

Jadi definisinya,  Blockhchain adalah database atau sistem yang tersebar luas di jaringan.

Cara Kerja Blockchain

Blockchain memiliki 2 jenis record :
  • Transaksi
  • Blok
Blok berfungsi untuk menyimpan transaksi bersamaan di sati blok. Keunikan Blockchain ialah pada tiap-tiap blok berisi has kriptografi lalu membentuk sebuah jaringan. Has kriptografi berfungsi untuk mengambil data dari blok sebelumnya lalu merubah menjadi compact string. Pada string ini, sistem lebih mudah mendeteksi bila ada sabotase.

Baca juga : Apakah Cryptocurrency itu?

Semoga informasi tentang pengertian Blockchain ini bermanfaat untuk anda semua. Salam Profit.

Disqus Comments